Shalat-Bagian Ketigapuluh Lima

Maret 8, 2012 pukul 3:28 pm | Ditulis dalam SMS | Tinggalkan komentar

Shalat-Bagian Ketigapuluh Lima

TURATS NABAWI PRESS

ANDA INGIN KAJIAN RUTIN HADITS?

SILAHKAN BERGABUNG DENGAN KAMI:

konsorsiumhadis.wordpress.com

 

Syari’at Membaca Wirid

Sewaktu duduk tasyahhud disyari’atkan membaca do’a-do’a dan wirid-wirid tasyahhud yang sudah pernah dia­jarkan oleh Nabi saw. Beliau telah mengajarkan ba­caan wirid tasyahhud kepada para sahabat sebagaimana beliau mengajarkan bacaan surat Al-Qur’an.

Hadis Nabi saw. yang diriwayatkan oleh Abdullah :

كُنَّا اِذَا جَلَسْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قُلْنَا (السَّلاَمُ عَلَى اللَّهِ مِنْ عِبَادِهِ السَّلاَمُ عَلَى فُلاَنٍ وَ فُلاَنٍ) فَقَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: لاَ تَقُوْلُوْا (السَّلاَمُ عَلَى اللَّهِ) وَ لَكِنْ اِذَا جَلَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ (التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ)

“Ketika kami duduk berdampingan dengan Nabi saw. dalam shalat, kami membaca Assalamu ‘alallah min ibadihi. As­salamu ‘ala fulan wa fulan. Maka Nabi saw. menegur kami: Janganlah kalian mengucapkan salam untuk Allah seperti itu. Ketika kalian duduk tasyahhud, ucapkanlah Attahiyyatu lillah …”. HR. Nasai dan Ahmad dengan sanad (mata rantai perawi) yang sah. Adapun argumentasi bahwa Nabi saw. mengajarkan bacaan tasyahhud seperti beliau mengajarkan bacaan surat Al-Qur’an akan diuraikan pada bab berikutnya.

Lafaz Pertama Dalam  Bacaan Tasyahhud

Bacaan tasyahhud yang pernah diajarkan oleh Nabi saw. memang cukup banyak. Kesemuanya dimulai dengan lafaz Attahiyatu lillah …

Hadis Nabi saw. yang diriwayatkan oleh Aisyah ra.:

كَانَ أَوَّلُ مَا يَتَكَلَّمُ بِهِ عِنْدَ الْقَعْدَةِ (التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ)

“Lafaz pertama yang diucapkan Nabi saw. sewaktu duduk tasyahhud adalah Attahiyatu lillah”. HR. Baihaqi.

Macam-Macam Bacaan Tasyahhud

Adapun macam-macam  wirid tasyahhud yang pernah dija­jarkan oleh Nabi saw. tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama:

اَلتَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَ الصَّلَوَاتُ وَ الطَّيِّبَاتُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِيْنَ أَشَهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ

“Segala kehormatan, harapan dan hal-hal yang baik adalah milik Allah. Segala keselamatan, rahmat dan keberkatan Allah semoga terlimpah kepadamu wahai Nabi. Semoga keselamatan terlimpah untuk kami dan para hamba Allah yang saleh. Saya bersaksi bahwa ti­dak ada tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”.

Inilah contoh bacaan tasyahhud yang pernah diajarkan oleh Nabi saw. kepada Abdullah ibn Mas’ud ra. sebagaimana beliau mengajarkan Al-Qur’an kepadanya. Hadis ini dikeluarkan oleh imam Bukhari dan Muslim.

Kedua:

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِيْنَ أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَ أَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللَّهِ

“Segala kehormatan, keberkatan, pengharapan dan ke­baikan hanyalah milik Allah. Semoga keselamatan, rahmat dan keberkatan terlimpah kepadamu wahai Nabi. Semoga keselamatan terlimpah kepada kami dan para hamba Allah yang saleh. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah”.

Inilah contoh bacaan tasyahhud yang pernah diajarkan oleh Nabi saw. kepada ibn Abbas ra. sebagaimana belaiu mengajarkan Al-Qur’an kepadanya. Hadis ini dikeluarkan oleh imam Muslim, Abu Awanah, Syafi’i dan Nasai.

Ketiga:

اَلتَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَ الصَّلَوَاتُ وَ الطَّيِّبَاتُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِيْنَ أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ

“Segala kehormatan hanyalah milik Allah, demikian pula harapan-harapan dan kebaikan-kebaikan. Semoga kesejahteraan serta rahmat Allah dan keber-katannya terlimpah kepadamu wahai Nabi. Semoga keselamatan terlimpah kepada kami dan para hamba Allah yang sa­leh. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Al­lah sendiri yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya ber­saksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”. Bacaan tasyahuud ini termaktub dalam kitab Abu Daud dan Daraqutni dari Abdullah ibn Umar ra.

Keempat:

اَلتَّحِيَّاتُ الطَّيِّبَاتُ الصَّلَوَاتُ لِلَّهِ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِيْنَ أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ أَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ

“Segala kehormatan, kebaikan, dan pengharapan hanya­lah milik Allah. Semoga keselamatan, rahmat dan ke­berkatan Allah terlimpah kepadamu wahai Nabi. Semoga keselamatan terlimpah kepada kami dan para hamba Allah yang saleh. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah sendiri yang tidak ada sekutu bagi-Nya dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”. Bacaan tasyahhud ini termaktub dalam kitab Muslim, Abu Awanah, Abu Daud dan ibn Majah dari Abu Musa Asy’ari ra.

Kelima:

اَلتَّحِيَّاتُ لِلَّهِ اَلزَّاكِيَاتُ لِلَّهِ اَلطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ اَلصَّلَوَاتُ لِلَّهِ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِيْنَ أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَ أَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ

“Segala kehormatan, kesucian, kebaikan dan penghara­pan hanyalah milik Allah. Semoga keselamatan, rahmat dan keberkatan Allah terlimpah kepadamu wahai Nabi. Semoga keselamatan terlimpah kepada kami dan para hamba Allah yang saleh. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”. Bacaan tasyahhud ini termaktub dalam kitab Malik dengan sanad (mata rantai perawi) yang sah dari Umar ibn Khattab ra.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: