Buku : PENGINJIL MENGGUGAT HADITS SHAHIH BUKHARI

September 15, 2014 pukul 6:11 pm | Ditulis dalam Buku | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Pada pengantar studi hadis-hadits yang termaktub dalam Shahih Bukhari, Robert Morey mengatakan: Walaupun sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa kitab suci umat muslim disebut Al-Qur’an, mereka umumnya tidak mengetahui bahwa agama Islam mempunyai kitab suci lain yang dipandang oleh umat muslim sebagai kitab yang setara kedudukan dan inspirasinya dengan Al-Qur’an. Kitab suci umat Islam yang lain tersebut dinamakan hadis. Hadits adalah kumpulan dari tradisi umat muslim yang mula-mula yang di dalamnya tercatat sabda dan perbuatan-perbuatan yang dilakukan oleh Muhammad saw, menurut apa yang diceritakan oleh para istri Muhammad saw, para anggota keluarganya, sahabat-sahabat dekat Muhammad saw, serta pimpinan umat muslim, yang umumnya tidak tertulis dalam Al-Qur’an.

Ilmuwan muslim, Muhammad Hamidullah, dalam bukunya yang berjudul Introduction of Islam, menyatakan bahwa: pengemban dan wadah dari ajaran-ajaran Islam yang asli adalah kitab Al-Qur’an dan hadis” (halaman 250). Dia menambahkan bahwa “Al-Qur’an dan hadits merupakan landasan dari semua hukum Islam” (halaman 163). Menurut Hamidullah juga alasan umat muslim memuliakan hadits seperti halnya Al-Qur’an adalah karena hadits merupakan ilham Ilahi sama seperti Al-Qur’an. Di antara referensi hadits yang terkemuka dan dianggap shahih adalah Shahih Bukhari.

Dalam bagian pendahuluan Khan menyatakan: Dengan suara bulat telah disetujui bahwa hasil karya imam Bukhari merupakan hasil karya tulis hadits yang paling otentik dari semua hasil karya literatur hadits yang pernah ditulis orang. Karena sedemikian tinggi keotentikan dari hasil karya Bukhari tersebut sampai-sampai para ilmuwan Islam mengatakan bahwa “Kitab yang paling otentik setelah kitab Allah (yaitu Al-Qur’an) adalah hadits Shahih Bukhari” (halaman xiv). Dia hanya memilih sekitar 7275 hadits yang tidak diragukan lagi keotentikannya. Allah menyatakan kepadanya kitab Al-Qur’an yang Agung dan kitab inspirasi Ilahi yang kedua yaitu kitab hadits (tradisi) yang ditulisnya. Anda berkewajiban untuk berusaha dengan keras melakukan perbuatan baik menurut tradisi Muhammad saw, seperti yang jelas dinyatakan dalam hadisnya (halaman xvii). Khan tidak ragu-ragu untuk menyatakan bahwa hadits ini sebagai “inspirasi kedua” serta menyatakan bahwa setiap muslim dikenakan kewajiban untuk mengimaninya dan mentaatinya.

Kritik terhadap Shahih Bukhari sudah pernah dilakukan oleh Abu Ali al-Daraqutni bersama rekan-rekannya, yang akhirnya ditemukan sekitar tujuh puluh delapan buah hadits bermasalah. Namun semua kritikan tersebut tidak keluar dari permasalahan sanad (mata rantai perawi), bukan pada aspek matannya. Dalam hal ini Ibn Hajar telah memberikan bantahan dan ternyata seluruh kritikan tersebut tidak mengurangi nilai keshahihannya. Hadis-hadits yang dikritisi dikarenakan belum sesuai dengan syarat keshahihan versi pengkritisi itu sendiri, walaupun ada juga yang berbau karena fanatisme pihak pengkritisi. Seiring dengan tuntutan zaman, kritik terhadap Shahih Bukhari tidak lagi mengacu kepada sanad (mata rantai perawi), melainkan pada aspek matan (teks) hadis.

Salah seorang yang gigih untuk membuktikan ketidak validan hadis-hadits yang ada dalam Shahih Bukhari adalah Robert Morrey yang dituangkan dalam bukunya Islamic Invation. Sebagaimana para pengkritisi lainnya, hadis-hadits yang dinilai tidak valid adalah hadis-hadits yang dianggap tidak rasional, tidak faktual dan tidak sejalan dengan fikiran kritis. Sampai-sampai Robert Morrey mengatakan: Jika Muhammad saw. adalah benar-benar Rasul Allah, maka tentulah apa yang diajarkannya berasal dari Allah dan pasti benar. Tetapi apa yang dikatakannya ternyata begitu asing dan absurd sehingga tidak ada peluang untuk benar.

Berbagai tema telah diangkat oleh Robert Morrey. Seperti hadits air kencing unta, ras Nabi saw. budak Nabi saw. emosi Nabi, hadits selingkuh Aisyah, kemakshuman Nabi saw. seksualitas Nabi saw. hadits bulan terbelah dua, Nabi saw. yang tersihir, hadits congkel mata, hadits mengkijing makam hadits lalat dan lainnya. Sejauh mana kebenaran kritik yang dilontarkan oleh Robert Morey terhadap validitas Shahih Bukhari?

Pratinjau buku dapat di download DISINI

Jika ingin membeli bukunya, KLIK DISINI

Harga Buku : Rp 52.920,00 Rp 44.100,00

Berat Buku : 642 gr

011-Hadits Penginjil Menggugat Shahih Bukhari

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: