Buku : OUTBON MENGQADIFIKASI HADITS

September 17, 2014 pukul 3:45 am | Ditulis dalam Buku | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Salah satu kegiatan serius ulama hadits adalah mengadakan outbon ke berbagai negara untuk klarifikasi sebuah hadits yang pernah didengarnya dari seorang guru. Apalagi jika guru yang dimaksud ada permasalahan baik pada aspek kredibilitas atau kecermatannya.

Tradisi cek and recek seperti ini sudah menjadi tradisi ulama sebagaimana yang dianjurkan oleh Allah swt. sehingga penukilan hadits yang menjadi bagian amanat Rasulullah saw. dapat dijaminotentisitasnya.

Pada sisi lain, walaupun sang guru dirasa cukup kredibel dan cermat, namun memangkas silsilah perawi itu lebih menyelamatkan reduksi suatu hadits, karena tidak sedikit suatu berita yang berkenjangan mata rantai perawinya berdampak munculnya berbagai sisipan, yang kadang datang dari perawi terpercaya, namun juga ada dari periwa yang tidak dapat dipertanggung jawabkan keabsahan beritanya. Inilah yang dimaksud ulama “thalab al-uluwwi”, dengan temuan hadits al-Ali diharapkan terjadi reduksi teks dapat dihindari. Sisi lain yang tidak kalah pentingnya adalah niat untuk menghimpun berbagai hadits yang dimiliki ulama terdahulu yang telah menyebar ke berbagai pelosok dunia, sebagai dampak perluasan peta dakwah Islamiyah, sehingga ada sebuah hadits yang masyhur di suatu wilayah, namun tidak dikenal di wilayah lain.

Seorang pakar ilmu hadits Ahmad ibn Ali ibn Tsabit al- Bagdadi, yang dikenal dengan sebutan al-Khatib al-Bagdadi telah menghimpun cerita-cerita unik petualangan ulama yang dituangkan dalam bukunya al-Rihlah. Dengan demikian buku ini layak dibaca oleh setiap manusia pecinta ilmu untuk memberi insrpirasi positif dalam gemar menuntut ilmu.

Pratinjau buku dapat di download DISINI

Jika ingin membeli bukunya, KLIK DISINI

Harga Buku  :  Rp 24.500,00

Berat : 327 gr

016-Outbon Mengkodifikasi Hadits

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: