HADITS MUWATTHA’ MALIK JILID I – III

November 12, 2014 pukul 5:25 am | Ditulis dalam Buku | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

Nama lengkapnya imam Malik adalah Malik ibn Anas ibn Abu Amir. Bilamana ditarik jalur keturunannya maka akan berakhir pada keluarga Dzi Asbah, yaitu salah satu kabilah kenamaan di negara Yaman.

Salah seorang buyutnya hijrah dari Yaman menuju kota Madinah (dulu bernama Yatsrib), berdomisili disitu sampai melahirkan turun temurun. Kakeknya, Abu Amir adalah salah seorang sahabat, ia mengikuti segala macam peperangan bersama Nabi kecuali perang Badar.

Anas (bapaknya) adalah seorang perawi hadis sedangkan ibunya tergolong wanita salihah yang cinta ilmu, ibunya yang mendorong Malik sejak kecil untuk senantiasa menuntut ilmu. Karena itu Malik senang kepada ilmu pengetahuan dan selalu berusaha untuk menambahnya.

Imam Malik sendiri dilahirkan di kota Madinah pada tahun 93 H, termasuk generasi tabi’ tabiin. Ia menuntut ilmu kepada ulama Madinah, guru pertamanya adalah Abdurrahman ibn Hurmuz. Guru-guru lainnya: Nafi’ maula (budak kemerdekaan) Ibn Umar, Muhammad ibn Munkadir, Abu al-Zubair, al-Zuhri, dan banyak lagi baik dari generasi tabiin maupun tabi’ tabiin, jumlahnya mencapai 900 orang dengan rincian 300 orang dari generasi tabi’in dan 600 orang dari generasi tabi’ tabiin.

Penilaian ulama: Ulama sepakat menilai imam Malik sebagai orang yang paling amanat terhadap hadits, jeli dalam mengkritisi perawi dan memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengambil istimbat hukum baik dari Al-Qur’an maupun hadits Nabawi. Hafalannya kokoh sampai-sampai dia dijadikan rujukan oleh beberapa gurunya sendiri maupun kerabat-kerabatnya. Oleh karena kota Madinah dipandang pusat kelahiran hadits, maka imam Malik tidak melakukan lawatan keberbagai negara sebagaimana layaknya imam-imam lainnya, itulah sebabnya hampir seluruh gurunya berasal dari negeri Hijaz, namun pintu rumahnya selalu terbuka bagi siapa pun yang ingin menuntut ilmu sehingga murid-muridnya tersebar dimana-mana.

Imam Malik wafat pada tahun 179 H di Madinah, usianya mencapai 86 tahun, dan jenazahnya dimakamkan di pemakaman umum Baqi’ di Madinah.

Pratinjau buku dapat di download DISINI

Jika ingin membeli bukunya, KLIK DISINI

Harga Buku  ALL : Rp 423.900,00 (6.2 kg)

036-Hadits Muwattha' Malik- III

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: