HADITS SUNAN IBN MAJAH JILID I-VI

November 12, 2014 pukul 5:56 am | Ditulis dalam Buku | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , , ,

Nama lengkapnya adalah Muhammad ibn Yazid, Abu Abdullah ibn Majah al-Rib’iy (merupakan nisbat wala` kepada Rabi’ah, yaitu satu kabilah Arab), al-Qazwini (nisbat kepada Qazwîn yaitu salah satu kota yang terkenal di kawasan Irak). Kata “Majah” dalam nama beliau adalah dengan huruf “ha” yang dibaca sukun; inilah pendapat yang sahih yang dipakai oleh mayoritas ulama, bukan dengan “ta” (majat) sebagaimana pendapat sementara orang. Kata itu adalah julukan bapaknya (Yazid), sehingga dalam biografi yang lain disebutkan Muhammad ibn Majah al-Rib’iy. Maka Ibn Majah berarti putra Majah atau putra Yazid, bukan gelar kakeknya, seperti diterangkan penulis Qamus jilid 9, hal. 208. Ibn Katsir dalam al-Bidayah wa al-Nihayah, jilid 11, hal. 52.

Rihlah ilmiyahnya, di Qazwin dia berguru kepada Ali ibn Muhammad al- Thanafusi, dia adalah seorang yang tsiqah, berwibawa dan banyak meriwayatkan hadits. Maka Ibn Majah tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, dia memperbanyak mendengar dan berguru kepadanya. Al-Thanafusi meninggal pada tahun 233 hijriah, ketika itu Ibn Majah berumur sekitar 24 tahun. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa permulaan Ibn Majah menuntut ilmu adalah ketika dia berumur dua puluh tahunan.

Ibn Majah termotivasi untuk menuntut ilmu, dan dia tidak puas dengan hanya tinggal di negrinya, maka dia mengadakan rihlah ilmiahnya ke sekitar negeri yang berdampingan dengan negerinya, dan dia mendengar hadits dari negeri-negeri tersebut. Di antara wilayah-wilayah yang pernah dikunjunginya adalah negeri Khurasan, Irak, Hijaz, Mesir, Syam dan lainnya.

Penilaian ulama terhadap Ibn Majah, menurut Abu Ya’la al- Khalili: Dia adalah seorang yang tsiqah (terpercaya), diterima secara sepakat dan memiliki kefahaman terhadap hadits, dan dia juga memiliki berbagai tulisan seperti Sunan, Tafsir, Tarikh.

Kitab Sunan Ibn Majah terdiri dari tiga puluh dua kitab menurut al-Dzahabi, dan seribu lima ratus bab menurut Abu Hasan al-Qatthanî, dan terdiri dari empat ribu hadits menurut al-Dzahabi. Tapi pada verifikasi oleh Muhammad Fuad Abdul Baqi, bahwa buku ini berjumlah tiga puluh tujuh bab selain muqaddimah, berarti kalau ditambah dengan muqaddimah maka jumlahnya menjadi tiga puluh delapan bab. Sedangkan jumlah sub-babnya terdiri dari lima ratus lima belas dan empat ribu tiga ratus empat puluh satu hadits. Hal ini disebabkan akibat adanya perbedaan naskah.

Kitab hadits yang terdiri dari empat ribu tiga ratus empat puluh satu hadits ini ternyata tiga ribu dua hadits di antaranya telah tercantum dalam Shihih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasai dan yang lainnya. Dan seribu dua ratus tiga puluh sembilan hadits lagi adalah tambahan dari Imam Ibn Majah.

Sebagian ulama menilai bahwa di dalam Sunan Ibn Majah terkandung hadits shahih, hasan, dhiaf bahkan hadits palsu. Imam al-Surri berpendapat bahwa setiap hadits yang terjadi penyendirian Ibn Majah dalam periwayatannya terhadap Kutubu Khamsah (Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Turmudzi dan Sunan Nasai) dinilai lemah semua. Penilaian seperti ini juga dituturkan oleh imam Abu Hajjaz al-Mizzi, padahal tidaklah demikian, tidak benar apabila dimutlakkan seperti itu. Memang ada yang munkar, namun juga ada yang layak dijadikan hujjah, ada yang berstatus hasan bahkan merupakan hadits shahih.

Pratinjau buku dapat di download DISINI

Jika ingin membeli bukunya, KLIK DISINI

Harga Buku  ALL : Rp 810.900,00 (11.8 kg)

046-Hadits Sunan Ibn Majah- VI

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: